Jangan Cuma Oli, Cek Juga Bagian Ini Agar Motor Anda Prima

Kondisi mesin kendaraan yang prima menjadi salah satu alasan kenyamanan dalam berkendara. Sedikit saja ada masalah, bisa mengganggu kenyamanan dan keamanan Anda selama perjalanan. Nah, salah satu aspek penting yang membantu kondisi mesin menjadi prima adalah oli berkualitas, cobalah mencari informasi oli sesuai jenis kendaraan Anda seperti pada halaman berikut https://ilti.idemitsu.com/id/produk-otomotif-list/. Sayangnya, pengecekan oli ini seringkali tidak dibarengi dengan pengecekan filter oli.

Jangan salah, filter oli ini memiliki fungsi penting dalam menyaring kotoran dari oli yang bersirkulasi saat melumasi komponen mesin, jika jarang dibersihkan maka kendaraan Anda akan cepat rusak. Melansir dari GridOto, sebaiknya penggantian filter oli dilakukan setiap motor sudah menempuh jarak 2.000 km, atau bisa juga dilakukan tiap dua kali ganti oli mesin. Jadi, patokan untuk mengganti oli sebenarnya ada pada jarak tempuh, bukan waktu. Jika tidak diganti secara berkala performa mesin menurun, nantinya akan membuat suara kasar dan parahnya bisa bikin mesin rusak.

Filter oli yang kotor tentunya akan membuat aliran oli menjadi kotor, tidak lancar dan tidak terdistribusi secara maksimal ke dalam mesin, sehingga kotoran pun akan terbawa masuk ke dalam bagian mesin. Tak hanya itu, filter oli juga berpeluang tersumbat oleh tumpukan kotoran dan gram mesin yang semakin banyak. Membiarkan motor menggunakan oli kotor terus menerus, akan membuat piston serta silindernya menjadi rentan rusak dan kemudian jadi baret sehingga bisa membuat turun mesin.

Penggantian filter oli ini bisa dilakukan di bengkel terdekat, tetapi jika Anda belum sempat atau kesulitan menemukan filter oli untuk jenis motor Anda, untuk sementara bisa membersihkan filter oli yang terpasang sebelumnya. Sebelum mulai membersihkan, pastikan oli yang masih ada untuk dikuras lebih dahulu. Setelah itu, buka dan lepas baut cover filter oli mesin dengan menggunakan kunci T10. Jika sudah terlepas, Anda bisa mengeluarkan filter oli dari covernya. Letak filter oli ini sendiri berbeda, tergantung dari jenis motornya. Untuk jenis motor matic, letak filter oli ada di sebelah kiri mesin, sedangkan untuk motor jenis sport atau bebek ada di sebelah kanan.

Untuk membersihkannya cukup gunakan bensin. Rendam filter oli di dalam wadah berisi bensin, jangan terlalu lama tunggu hingga kotorannya keluar. Setelah bersih, jangan lupa untuk langsung mengeringkannya dengan kompresor angin. Jangan dibiarkan basah terlalu lama karena bisa merusak lapisan yang ada di filter oli.

Pastikan Anda merawat dan membersihkan filter oli secara rutin agar memperpanjang umur kendaraan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.