Cara Kerja Ginjal yang Harus Kamu Tahu

Kerusakan pada ginjal akan mengganggu kinerja utama yang dilakukan, yaitu menyaring racun dalam darah. Racun yang menumpuk akan menyebabkan bengkak pada beberapa bagian tubuh. Tentu saja hal tersebut akan mengganggu keseharian seseorang. Beberapa aktivitas yang seharusnya bisa dikerjakan menjadi terhambat karena adanya gangguan tersebut. Kerusakan pada ginjal menyebabkan beberapa jenis penyakit ginjal dapat diderita oleh seseorang.

Jenis penyakit ginjal yang pertama adalah infeksi ginjal. Infeksi ini terjadi ketika virus, bakteri atau racun yang ada pada kandung kemih kembali lagi menuju ginjal. Racun yang harusnya dikeluarkan justru mengendap sehingga menyebabkan kerusakan. Kinerja ginjal akan terganggu bila keadaan ini terus terjadi.

Selanjutnya adalah jenis penyakit ginjal yang sering ditemui pada seseorang, yaitu batu ginjal. Batu ginjal terjadi karena adanya penggumpalan garam dan kristal dalam ginjal. Kedua unsur tersebut seharusnya disaring dan bila jumlahnya berlebihan harus segera dikeluarkan. Namun, karena kondisi ginjal tidak baik, hal tersebut sulit untuk dilakukan sehingga terbentuklah batu ginjal.

Selain jenis penyakit di atas, ada pula penyakit ginjal polikistik yang dapat diderita oleh seseorang. Penyakit ginjal polikistik ditandai dengan ditemukannya kista atau kantung yang berisi cairan secara bergerombol dalam ginjal. Meskipun tidak berbahaya, penyakit ginjal polikistik akan mengganggu kinerja ginjal secara keseluruhan. Munculnya kista tidak hanya bisa terjadi dalam ginjal. Organ lain dalam tubuh pun bisa dihinggapi oleh kantung dengan isi cairan.

Satu lagi penyakit yang sering dirasakan oleh seseorang. Gagal ginjal adalah tidak berfungsinya ginjal secara semestinya. Gagal ginjal kronis adalah penyebutan bagi ginjal yang sudah tidak bisa bekerja secara optimal. Biasanya seseorang tidak langsung sadar bila sedang menderita gagal ginjal kronis. Hal tersebut disebabkan gejala yang ditimbulkan adalah gejala umum yang mungkin dirasakan seseorang karena penyakit yang lain. Bila terus berlanjut, gagal ginjal akut akan terasa. Gagal ginjal akut adalah kondisi dimana ginjal berhenti bekerja secara total. Berbagai macam garam, racun dan zat lain tidak bisa tersaring sehingga mengendap dalam tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *