Tangan Masalah Depresi Bersama Sehatq.com Agar Segera Sembuh

Ada banyak artikel kesehatan yang mengulas mengenai gangguan mental. Salah satu gangguan mental yang banyak menyerang seseorang adalah depresi. Dimana gangguan mental yang satu ini memang tidak boleh anda sepelekan begitu saja. Pada kasus yang parah, seseorang yang terkena depresi bahkan akan melakukan hal-hal yang dapat mengancam nyawa mereka.

Ada banyak faktor yang memicu timbulnya depresi ini seperti karena faktor lingkungan hingga faktor generik. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai gangguan penyakit yang satu ini, SehatQ akan mengulas lengkap mengenai masalah yang satu ini.

Apa Itu Depresi

Apa itu Depresi?

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengobati penyakit yang satu ini, anda wajib mengetahui apa itu depresi. Ini merupakan kondisi gangguan kesehatan mental pada seseorang. Para pasiennya biasanya akan menunjukkan suasana hati yang seakan-akan merasa tertekan terus bahkan mereka akan kehilangan minat untuk beraktivitas. Inilah yang nantinya akan menimbulkan adanya penurunan kualitas hidup sehari-hari.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan mengapa seseorang dapat terkena gangguan depresi ini seperti adanya penyalahgunaan jenis obat-obatan tertentu, adanya keluarga yang mempunyai riwayat gangguan kesehatan mental, mengidap jenis penyakit tertentu, hingga pernah mengalami suatu kejadian yang cukup traumatis.

Gejala-gejala depresi

Seorang pasien dengan gangguan mental biasanya akan menunjukkan beberapa gejala depresi diantaranya adalah

1. Adanya perasaan merasa selalu bersalah padahal belum tentu kesalahan tersebut dibuat mereka

2. Adanya perasaan putus asa, merasa tidak berharga hingga adanya kepercayaan diri renda

3. Suasana hati yang selalu sedih dan buruk dalam waktu yang cukup lama. Bahkan pasien juga akan mudah untuk menangis

4. Menjadi seorang pribadi yang mudah marah dan sensitive

5. Tidak mempunyai motivasi dalam berbagai macam hal

6. Kesulitan untuk konsentrasi, berpikir hingga mengambil sebuah keputusan

7. Timbulnya pikiran untuk menyakiti diri sendiri bahkan yang lebih parah mereka memiliki keinginan buat bunuh diri

8. Adanya gangguan tidur dimana seorang yang mengalami depresi biasanya akan mengalami insomnia parah.

Penyebab depresi

Penyebab depresi bisa disebabkan karena beberapa hal seperti seseorang yang mempunyai anggota keluarga dimana sudah mempunyai riwayat depresi maka risiko untuk terkena depresi memang jauh lebih tinggi.

Selain itu, adanya senyawa kimia otak. Dimana orang-orang yang mengalami depresi biasanya memiliki ketidakseimbangan senyawa kimia yang ada di otaknya. Seseorang juga dapat mengalami depresi apabila pernah kehilangan orang yang dicintainya. Memiliki hubungan yang bermasalah hingga situasi lainnya yang dapat memicu timbulnya stress.

Bagaimana mengatasi depresi

Apabila sudah muncul beberapa gejala yang ada diatas, maka sebaiknya seseorang yang terkena depresi harus pergi ke dokter. Dokter akan melakukan diagnose depresi dengan beberapa cara. Cara tersebut diantaranya wawancara medis, pemeriksaan secara fisik, pemeriksaan psikologis hingga pemeriksaan penunjang lainnya seperti pemeriksaan darah.

Selain itu, dokter juga akan menyarankan beberapa tindakan untuk mengatasi masalah depresi tersebut seperti psikoterapi, terapi cognitive behavior therapy dimana terapi ini mempunyai tujuan untuk membantu seseorang dengan gangguan depresi agar dapat melepaskan pikiran negative. Selain itu, para dokter juga akan memberikan obat antidepresan.

Tetapi perlu diingat apabila penggunaan obat-obatan tersebut harus sesuai dengan anjuran dokter dan selalu berada dibawah pengawasan mereka karena adanya efek samping yang muncul setela itu.

Depresi memang menjadi sala satu gangguan mental dimana tidak boleh disepelekan begitu saja. Untuk memperoleh informasi mengenai depresi, SehatQ hadir untuk membantu para penderita dalam mengatasi masalah mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *