Ingin Download Software? Perhatikan 5 Hal Ini

Semua pengguna komputer atau PC tentu pernah mengunduh software, sejenis aplikasi dengan jenis yang berbeda-beda. Kebanyakan orang malah, langsung memilih download software gratis tanpa mempertimbangkan ancaman yang mungkin muncul dari website tersebut. Padahal hal ini bisa membantu mengansitipasi serangan malware atau virus pada perangkat, pun pada kualitas unduhan yang lebih baik.

Perlu dipahami jika tak semua software internet aman untuk diunduh, sehingga pengguna harus selektif dalam memilih. Untuk itu, Anda bisa menerapkan sejumlah tips di bawah ini sebelum download software gratis.

1. Gunakan Search Engine

Tips pertama adalah mengunduh langsung melalui platform terpercaya berdasarkan search engine. Misal, ketika Anda mengetik kata kunci di kolom pencarian, maka berbagai opsi akan muncul berdasarkan website yang paling sering digunakan orang lain. Di sini, pengguna bisa memilih setidaknya di lima posisi teratas karena umumnya website tersebut aman. Mungkin juga untuk melihat berbagai ulasan pengguna sebelumnya sebagai bahan pertimbangan.

2. Download melalui Official Resmi

 Jika ingin memastikan keamanannya, maka mengunduh langsung melalui situs resmi adalah alternatif terbaik. Umumnya, hasil teratas adalah website official resmi dari software yang diinginkan. Namun, beberapa software juga tidak menyediakan unduhan langsung sehingga harus reupload lebih dahulu.

3. Pastikan Link Download Sesuai

Tips berikutnya juga sangat penting jika Anda tidak mengunduh melalui software official. Lantaran banyaknya link download palsu bisa sangat merugikan Anda, iklan yang tampil pada halaman sebelum proses unduh misalnya, kerap muncul saat akan mengunduh menggunakan file sharing. Untuk mencegahnya, bisa dilakukan dengan memperhatikan link download yang digunakan. Pastikan arah noise tepat pada link unduh tujuan.

Umumnya, akan terlihat preview link di bagian pojok kiri bawah. Apabila link sudah sesuai berdasarkan software maka bisa dipastikan jika link tersebut asli. Pun jika link unduhan ternyata palsu biasanya cukup mudah dikenali karena resolusinya kecil. Jika demikian, Anda bisa langsung menghentikan proses install dan tidak menjalankannya lagi. Berikutnya agar iklan tak muncul Anda bisa memasang Adblock di browser.

4. Cari Review secara Akurat

Hati-hati jika mendapati software pilihan tak begitu dikenal, itu berarti Anda harus lebih teliti dalam melihat review secara akurat. Cobalah untuk googling lebih dahulu terkait software yang diinginkan, spesifikasi dan ancaman lain. Lihat review pengguna secara objektif, apakah aman, dan berfungsi dengan baik atau justru punya banyak masalah.

5. Scan dengan Antivirus

Sebelum proses pengunduhan, Anda bisa scan file lebih dahulu menggunakan sejumlah situs umum macam VirusTotal. Berikutnya, upload file terhadap software yang sudah diunduh dengan cara memasukkan link download software yang diinginkan. Di sisi lain jika Anda telah menggunakan Anti Virus umumnya software telah mengandung malware maupun virus yang bakal lebih mudah dideteksi. Sebagai penanda cukup perhatikan peringatan agar tidak mengaktifkan perangkat lunak tersebut.

6. Perhatikan Proses Installasi

Saat proses instalasi dilakukan, pastikan Anda sudah membaca setiap instruksi yang muncul. Jangan asal menekan Ok atau Next jika belum benar-benar memahaminya. Beberapa software yang membawa malware ketika proses instalasi berlangsung akan mengakibatkan pergantian default home page serta search engine di browser. Jika ini terjadi maka pengguna harus membersihkannya lebih dulu.

Setelah mengetahui berbagai tips di atas, berikutnya memilih tempat download software full version. Agar tak salah pilih Anda bisa mengunduh langsung melalui siabah.me, website yang menyediakan ragam software khusus PC, game hingga aplikasi modifikasi. Setiap perangkat tentu aman dan menghindarkan Anda dari ancaman eksternal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *